Rabu, November 19, 2008

Wishdom

Ketika seorang kerdil menerima tingkatan Dan-nya yang pertama, dia akan segera berlari ke rumahnya dan berteriak sekeras-kerasnya kepada semua orang bahwa dia sudah mendapatkan Dan pertamanya.

Ketika dia menerima Dan dua, dia akan memanjat atap rumahnya dan berteriak kepada orang-orang bahwa ia sekarang memegang Dan dua.

Ketika dia menerima Dan tiga, dia akan melompat ke mobilnya dan berpawai melewati kota dengan membunyikan terompet, memberitahu semua orang tentang Dan tiganya.

Ketika seorang bijak menerima Dan-nya yang pertama, dia akan menundukkan kepalanya dengan diliputi penuh rasa terima kasih.

Ketika dia menerima Dan dua, dia akan menundukkan kepala dan bahunya.

Ketika dia menerima Dan tiga, dia akan menundukkan kepala, bahu dan pinggangnya, selanjutnya diam-diam berjalan di sisi dinding, sehingga orang-orang tidak akan melihat atau memperhatikannya.

(Gichin Funakoshi)

Untuk mendapat seratus kemenangan dalam seratus pertarungan bukanlah kemampuan yang tertinggi. Untuk menaklukkan lawan tanpa bertarung adalah kemampuan yang tertinggi.
(Gichin Funakoshi - My Way of Life)

written by Harry

2 komentar:

'adi mengatakan...

ilmu beladiri itu ada 3 jengkal..
siapa yg masih pada jengkal pertama dia akan sombong, yang sdh sampai pada jengkal kedua dia akan tawadhu,
yang sdh sampai jengkal ketiga dia akan merasa tidak tau apa-apa..
'adi (www.senimanbeladiri.blogspot.com)

beladirikita mengatakan...

Alhamdulillah, dapat pelajaran baru dari teman kita, Saudara Adi. Betul, saya sependapat dengan Anda. Bagaimana dengan yang lain? Akur?