Minggu, April 24, 2011

Efektifitas Kyusho-Jutsu

Dalam karate diistilahkan Kyusho-Jutsu, beladiri lain menyebut Dim-Mak. Sedangkan dunia beladiri barat menyebutnya pressure point (titik tekan), vital point (titik vital), pain point (titik sakit) atau nerve strike (serangan/pukulan ke arah syaraf). Kalau dalam khasanah beladiri Indonesia sering dikatakan sebagai teknik totok.

Teknik ini cukup efektif untuk membeladiri di jalanan (street self defense) khususnya dalam posisi rapat atau jarak dekat.

Bagi perempuan, sangat wajib memiliki kemampuan Kyusho-Jutsu, karena dengan tenaga yang minimal, mampu melumpuhkan lawan dengan cepat. Tidak pandang seberapa besar tubuh lawan (gendut atau berotot), dengan teknik yang terlatih, lawan pasti ambruk.

Rasa sakit atau nyeri yang timbul akibat serangan ke titik vital membuat lawan hilang konsentrasi. Dalam beberapa menit lawan tidak bisa melanjutkan serangan, bahkan mungkin seolah tidak berdaya untuk kembali bangkit.

Mempelajari Kyusho-Jutsu ternyata banyak metodenya, beberapa metode yang sederhana antara lain menekan beberapa bagian tubuh yang terasa sakit/nyeri ketika ditekan. Cara menekan bisa dengan jempol, telunjuk ataju jari tengah.

Bagian tubuh yang lemah itu tersebar mulai kepala hingga ujung kaki. Beberapa buku seni beladiri, kerap mengilustrasikan posisi titik vital tersebut dengan gambar manusia dengan titik-titik di bagian depan dan belakang badan.

Metode lainnya, untuk melatih daya tekanan adalah memejamkan mata kita kemudian menekan bola mata dengan jari (maksudnya, kelopak mata yang ditekan). Tapi jangan sampai membuat mata kita sakit.

Latihan ini hanya untuk mengetahui seberapa jauh harus menekan, kemudian hentikan sebelum mata merasa tidak nyaman. Latih kelima jari tangan kita secara bergantian. Latihan untuk mengatur tekanan dan sentuhan.

Latihan selanjutnya, merasakan detak jantung dengan jari. Tempelkan jari kita pada urat nadi di pergelangan. Rasakan denyut nadi tersebut. Setelah terasa, pindahkan jari ke bagian tubuh yang lain, bisa leher, badan, paha, betis dan lainnya.

Jika sudah bisa merasakan denyut nadi di berbagai titik yang ada di tubuh kita, teruslah dilatih secara rutin untuk menajamkan kepekaan. Ketika suatu saat menerapkan teknik ini, maka kita akan mudah dan cepat menyerang bagian tubuh tersebut.

harry


2 komentar:

cynthia chaniago mengatakan...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

bella putri mengatakan...

Agen Bola
Agen SBOBET
Agen Judi
Bonus
Prediksi Bola Jitu
Pendaftaran