Kamis, Maret 19, 2009

Jackie Chan + Jet Lee = Tony Jaa

Aktor laga bernama asli Panom Yeerum ini sedang naik daun di dunia perfilman Thailand, terutama bergenre martial arts.

Aksi yang memukau dengan perpaduan teknik beladiri dan akrobatik, membuat film-film Tony Jaa selalu ditunggu pecinta sinema. Tony Jaa seolah menjadi fenomena baru, ia merupakan generasi baru aktor laga Asia setelah Bruce Lee, Jackie Chan dan Jet Lee.

Istimewanya, jika selama ini aktor laga Asia yang mendunia lebih didominasi aktor dari negeri tirai bambu dan matahari terbit, sekarang dari negeri gajah putih unjuk diri.

Kemampuan beladiri mantan stuntman berusia 32 tahun ini sebagai aktor utama memang memukau. Kemampuannya bisa disejajarkan dengan aktor laga ternama lainnya.

Boleh dibilang, Tony Jaa adalah perpaduan antara Jackie Chan dan Jet Lee, dua aktor yang memang diidolakan Tony sejak muda.

Thailand mampu membuat film laga hebat yang bisa disejajarkan dengan kreasi Hongkong juga Hollywood. Thailand juga mampu melahirkan idola beladiri baru di dunia perfilman internasional.

Nah, kapan Indonesia bisa demikian? Membuat film laga berkualitas yang layak ditonton dunia internasional dengan pemain lokal yang benar-benar pribumi (bukan blasteran) dengan kemampuan beladiri tradisional negara kita.

Film laga jika dikemas dengan baik (tidak sekedar bak-bik-buk) dapat mempromosikan seni budaya kita dan mempopulerkan negara kita di mata dunia.

Tantangan bagi sineas tanah air.


6 komentar:

'adi mengatakan...

Belum tau ya mas kalo di Indonesia banyak yg lebih "hebat" dari Tony jaa..
Itu tuhh.. pendekar yang bisa berubah menjadi naga, harimau, dll yang biasa ditayangkan di salah satu TV swasta di negeri tercinta kita ini..
Betul2 memilukan dan memalukan..

rizkywithcoresound mengatakan...

menurut saya bukan gabungan mirip jacky iya.tapi lebih extreme.tapi gak mirip jet li.karena tekniknya lebih keras.basicnya dari muaythai dan muayboran(muaythai tradisional +kunci2 an).lebih mirip donnie yen n jacky

prihantoro mengatakan...

Saya rasa mungkin saja. Dan akan lebih terbuka untuk orang yang menekuni banyak seni beladiri, sehingga secara teknis dan visualisasinya di layar kaca lebih bervariasi. Selama ini di indonesia saya rasa didominasi dari Karate atau Taekwondo, dan silat (mungkin). Tapi kalau saya lihat di layar kaca sudah banyak teknik2 wushu dipakai. Sayangnya para aktornya masih menggunakan stuntman. Kalau menggabungkan dengan beladiri lain bakal lebih bagus. Bisa dari Muay Thai, atau beladiri(saya menekuni lebih sebagai olahraga, bukan beladiri asal brazil, CAPOEIRA. Gerakanya sangat artistik, dan akrobatis. Dan kalau saya lihat aksi2nya Toni Jaa, sebenarnya lebih banyak menggunakan gerakan yg familier dengan Capoeira...

rizkywithcoresound mengatakan...

sebenarnya lebih mirip Taekwondo+wushu karena tony ja juga belajar TKD n WUSHU juga VOvinan beladiri vietnam.saya ngerti karena belajar TKD,WUSHU,JUJUTSU,NINJUTSU

Randy mengatakan...

sya bissa !!!

didit aditia mengatakan...

doni yen + Jeki chan itu yang tepat mas

paket umroh Januari 2015