Senin, September 14, 2009

Wong Fei Hung Seorang Muslim !


Siapa tak kenal Wong Fei Hung? Jago Kungfu legenda Tiongkok ini beberapa kali difilmkan hingga kemudian semakin populer setelah era tahun 90-an bintang film action Jet Lee memainkannya dalam serial layar lebar Kungfu Master (judul asli; Once Upon a Time in China).

Dari film itu, orang tahu bahwa Wong Fei Hung adalah pendekar berhati luhur, suka menolong dan tak hanya jago kungfu tapi juga mahir mengobati penyakit karena ia juga seorang tabib mumpuni.

Tendangan tanpa bayangan, adalah salah satu teknik khas Wong Fei Hung yang dalam film digambarkan sebagai teknik tendangan menyamping (side kick) di udara dengan beberapa kali tendangan (beruntun) kaki kiri dan kanan.

Selain kehebatan kungfunya, tahukah Anda bahwa Wong Fei Hung ternyata beragama Islam. Bahkan ia berasal dari keluarga muslim yang taat, sehingga Wong Fei Hung yang dilahirkan pada 1847 di Kwantung (Guandong) memiliki pengetahuan agama Islam yang luas.

Nama Wong Fei Hung jika diartikan adalah Faisal Hussein Wong. Ya, Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab-kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Pengobatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China.

Foto diri Wong Fei Hung

Lebih lengkapnya tentang fenomena Wong Fei Hung bisa Anda baca di sini

0 komentar: