Selasa, November 25, 2008

Jiu Jitsu, Ju Jitsu, Jujitsu, Jujutsu?


Salah satu seni beladiri tua asal Jepang ini ditulis dan dilafalkan dalam tulisan dan pengucapan yang berbeda. Jiu Jitsu, Ju Jitsu, Jujitsu, Jujutsu.

Manakah yang benar di antara keempat istilah atau nama tersebut?

Pada dasarnya orang Jepang menyebut Jujutsu. Sementara lidah orang barat mengeja Jiu Jitsu atau Jiujitsu. Sementara di Indonesia dominan disebut Jujitsu atau Ju Jitsu.

Secarah harfiah kata Ju berarti lentur, fleksibel, halus, lembut. Kata Jutsu berarti teknik atau cara/metode.

Jujutsu berarti bela diri yang fleksibel, ada teknik keras ada juga teknik lembut/halus, ada teknik menyerang ada teknik bertahan, ada teknik menggunakan kekuatan fisik ada pula dengan tenaga dalam, banyak teknik tangan kosong banyak pula teknik menggunakan senjata.

Jujutsu adalah nama general atau umum karena Jujutsu punya banyak aliran dan ciri-ciri teknik yang berbeda. Sama halnya di Indonesia ada pencak silat yang punya banyak aliran, misalnya Merpati Putih, Perisai Diri, Setia Hati Teratai, Tapak Suci, dan lainnya.

Aliran Jujutsu ada yang tradisional (koryu) maupun modern. Ada yang masih terikat dengan tradisi jepang, ada yang sudah lepas dari tradisi jepang misalnya Brazillian Jujutsu.

Intinya Jujutsu menggunakan segala teknik/cara untuk melumpuhkan/menguasai lawan. Pada dasarnya teknik Jujutsu adalah teknik bertarung bebas yang sebenarnya bukanlah sport. Akan tetapi dalam masa modern ini sport Jujutsu juga mulai marak sehingga muncul banyak sekali even–even pertandingan Jujutsu di berbagai negara dengan berskala nasional, regional maupun Internasional

Munculnya seni beladiri ini boleh dikatakan hampir bersamaan dengan beladiri tertua di Jepang yaitu Sumo (230 th SM). Beladiri halus tangan kosong ini semakin dikenal setelah tahun 1603 ketika Shogun tokugawa menyatukan Jepang. Seni Jujutsu merupakan secondary martial art kaum samurai setelah ilmu senjata yaitu kenjutsu= ilmu pedang katana, kyujutsu=ilmu panah, yarijutsu=ilmu pedang, dan lainnya.

Jujutsu merupakan induk berbagai beladiri dari Jepang, Korea, Brazil, Rusia, Israel dan lainnya. Berasal dari Jujutsu di antaranya Judo, Aikido, Kendo, Iaido, Hapkido dan Yudo (Korea), Vale Tudo (Brazil), Sambo (Rusia), Krav Maga (Israel).

Beladiri Judo yang berakar dari Jujutsu kuno, diciptakan oleh prof DR Jigoro Kano pada tahun 1882. Setelah jatuhnya Shogun Tokugawa dan naiknya Kaisar Meiji. Terjadi restorasi atau perubahan kebudayaan dan politik di Jepang. Kaum samurai dibubarkan dan digantikan tentara modern. Jepang mulai membuka diri dengan dunia luar. Senjata tajam pun dilarang di masyarakat umum. Maka konsep beladiri pun berubah seiring seni berperang kuno pun yang lambat laun punah.

Untuk mempertahankan seni beladiri jepang dan berkembangnya seni beladiri untuk kompetisi modern(misalnya olahraga tinju, anggar, wrestling dan lainnya), Jigoro Kano yang waktu itu menjabat sebagai menteri pendidikan punya ide meracik beladiri Jepang sebagai beladiri modern untuk olahraga, kompetisi tanpa meninggalkan aspek beladiri dan filosofi.

Dikumpulkanlah ahli beladiri jujutsu dari berbagai aliran untuk disatukan. Terciptalah Judo. Ju artinya lembut/halus Do= seni/jalan. Sedangkan makna Jutsu diganti karena makna tersebut lebih erat dengan teknik bertempur/berperang. Hasilnya Judo pun jadi beladiri yang dipertandingkan di Olimpiade. Tekniknya pun (dalam kompetisi) dibatasi hanya kuncian siku, lutut dan urat leher.

JUJUTSU ALIRAN KUNO:

  1. Daitoryu Aikijutsu

    Merupakan aliran kuno yang paling terkenal sampai sekarang. Merupakan akar dari beladiri Aikido yang terkenal di seluruh dunia. Bintang yang terkenal dengan gaya ini adalah Steven Seagal. Diciptakan Minamoto Yoshimitsu tahun 1100, seorang bangsawan dari kaum samurai. Terkenal dengan teknik halus dan melingkarnya yang mirip dengan beberapa Kungfu China misalnya Taichi dan Pakua Chang. Beladiri ini juga merupakan cikal bakal beladiri Hapkido Korea yang menggabungkan teknik Daitoryu dengan teknik Taekyon (akar beladiri taekwondo) yang diciptakan Choi Yong Shui, teman seperguruan Morihei Ueshiba pendiri Aikido. Beladiri ini terjadi perbedaan pendapat antara Kuno dan modern. Karena satu-satunya beladiri tradisional yang menggunakan sistem modern Kyu -DAN serta dipelajari oleh banyak orang (karena beladiri tradisional lainnya tidak mau mengajarkan beladirinya ke orang lain dan hanya keturunan saja yang diajarkan).

  2. Hakko-ryu Jujutsu.

    Diciptakan Okuyama Yoshiji atas seizin Sokaku Takeda guru besar Daitoryu Aikijutsu. Ia merevisi Daitoryu agar bisa dipakai masyarakat umum. Memodifikasi teknik agar lebih safe dan muah diaplikasi masyarakat sipil dan kepolisian.

  3. Takenouchi Ryu Jujutsu.

    Diciptakan oleh Pangeran Hisamori Takenouchi tahun 1532. Merupakan aliran paling hebat pada zamannya waktu itu.

  4. Takagi Yoshiryu Jujutsu.

    Diciptakan oleh Takagi Umanosuke tahun 1695. merupakan murid dari Hisamori Takenouchi. Menggabungkan aliran Takenouchi Ryu dengan aliran Takagi Ryu dari keturunan keluarganya. Beladiri ini sekarang masuk kurikulum beladiri Ninjutsu. Misalnya di Bujinkan Ninjutsu dan Genbukan Ninjutsu.

  5. Yoshinryu Jujutsu Kenpo

    Diciptakan seorang dokter dari Nagasaki bernama Akiyama. Ia pergi ke China untuk belajar ilmu pengobatan. Di sana ia juga belajar beladiri Chuanfa/Kungfu (Kenpo dalam lafal Jepang). Punya teknik gabungan antara Kungfu China dengan teknik halus Jujutsu. Merupakan cikal bakal beladiri Karate Wadoryu karena seorang pewarisnya Hironori Othsuka mengawinkan Jujutsu dengan beladiri Karate Okinawa.

  6. Kitoryu Jujutsu

    Merupakan Cikal bakal dan sumber utama beladiri Judo. Diciptakan Chen Yuan Ping Tahun 1648. Seorang ahli keramik dari China yang tinggal di Jepang dan bersahabat dengan tiga samurai yang mengajarkannya beladiri Jujutsu. Kemudian meramunya beladiri Jujutsunya sendiri .

Itu cuma sebagian dari aliran kuno yang banyak sekali bahkan ribuan yang tidak tercatat. Namun jujutsu juga berkembang menjadi beberapa aliran modern. Ada yang masih terikat dengan tradisi jepang ada pula yang lepas. Misalnya Brazilian Jujutsu yang bersumber dari Maeda Mitsuyo kemudian diturunkan kepada Carlos Gracie. Kemudian ada Danzan Ryu Jujutsu, Yanagiryu dan lain-lainnya.

Adapula aliran modern yang masih menggunakan tradisi jepang misalnya Goshinbudo Jujutsu. Aikido dan lainnya. Di Indonesia ada beladiri JCI (Jiujitsu Club Indonesia) dan IJI (Institute Jiujitsu Indonesia). Tapi aliran ini sudah tidak terikat lagi dengan Jujutsu Jepang. Bahkan tekniknya pun sudah digabungkan dengan beladiri lain seperti karate dan pencak silat. Nama-nama jurusnya juga tidak menggunakan nama Jepang. Meskipun diturunkan dari kaum penjajah jepang yang tertinggal di Indonesia. Harry/Rizky

Mau lebih jauh teknik-teknik Jujutsu?

Pelajari di sini



1 komentar:

rizkywithcoresound mengatakan...

ada banyak aliran jujutsu

yg tradisional misalnya ada

Takagi yoshin ryu jujutsu

kitoryu jujutsu

daitoryu aikijutsu

yoshinryu jujutsu kenpo

dll