Senin, November 29, 2010

Asyiknya Systema


Menyimak beladiri Rusia ini, seperti melihat kombinasi teknik beberapa aliran beladiri di dunia. Meski dinyatakan bahwa Systema adalah berakar dari beladiri tradisional Rusia, namun tekniknya seperti gabungan antara kungfu, taichi, aikido, jujutsu, sambo, gulat dan lainnya.

Terlepas mirip atau tidak, yang jelas Systema merupakan seni beladiri yang asyik dipelajari. Systema yang awalnya khusus diajarkan untuk kalangan militer Rusia dan pasukan khusus Spetnaz ini tekniknya halus namun melumpuhkan. 

Tidak hanya teknik tangan kosong tapi juga teknik-teknik menggunakan senjata mulai dari senjata tumpul, senjata tajam hingga senjata api diajarkan dalam Systema. Selain teknik defensif, Systema juga mengajarkan teknik ofensif.
Menariknya pula, Systema khususnya  'aliran' Mikail Ryabko dan muridnya Vladimir Vasiliev,  mengajarkan teknik-teknik yang jarang diajarkan bahkan mungkin tidak diajarkan dalam beladiri lain, misalnya:
Teknik menggunakan berbagai benda di sekitar kita untuk membeladiri
Teknik membeladiri di ruangan sempit
Teknik membeladiri di dalam mobil
Teknik membeladiri di dalam air
Teknik mempengaruhi psikologis penyerang
Teknik mengolah tubuh agar tahan pukulan
Teknik menggunakan tenaga dalam secara alamiah dan praktis
Teknik menghadapi keroyokan hingga berpuluh orang
dan lainnya...

Teknik-teknik seperti di atas sangat diperlukan dalam keseharian, sehingga sangat menarik untuk dipelajari. Inilah yang diperlukan orang saat belajar beladiri, jadi tidak semata belajar teknik bertanding di atas matras atau ring. 

Belajar systema, menurut Vasiliev tidak perlu seragam, ritual, tingkatan sabuk, membentuk otot dan sebagainya yang umum terdapat dalam beberapa seni beladiri lain. Belajar systema seperti halnya belajar beladiri praktis yang tak perlu macam-macam aturan.

harry