Senin, Januari 25, 2010

Berbagai Versi Kata Shotokan (2)


Masih banyak lagi perbedaan-perbedaan dalam praktik Kata antara JKA dan SKIF, dua organisasi Shotokan terbesar di dunia. Kalau kita amati, hampir semua Kata Shotokan ada perbedaan.

Tidak hanya Kata versi JKA dan versi SKIF yang berbeda. Kata Shotokan versi tempo doeloe pun tidak sama dengan kedua organisasi modern Shotokan tersebut.

Gihin Funakoshi pada dokumenter peragaan Kata (direkam tahun 1923) mempraktikkan Heian Shodan yang tekniknya tidak kita temui pada Heian Shodan masa kini. Pada teknik pukulan chudan tsuki sebanyak tiga langkah (langkah ketiga disertai Kiai), hanya dua langkah Gichin menggunakan kuda-kuda zenkutsu dachi, sedangkan langkah/pukulan ketiga Gichin menggunakan kuda-kuda kokutsu dachi dengan posisi badan miring dan tangan kanan memukul arah chudan. Kemudian dilanjutkan empat kali shuto uke ke empat arah.

Gigo Funakoshi, putra Gichin, dalam video dokumenter tersebut mempraktikkan Heian Godan gerakan terakhir dengan kuda-kuda mirip zenkutsu dachi, bukan kokutsu dachi seperti versi sekarang.

Nah, semakin bingung, mana yang benar. Berarti versi JKA tidak sama dengan versi Gichin? Demikian pula versi SKIF tidak sama dengan teknik Kata Gichin?

Jelasnya, perbedaan tersebut dikarenakan fleksibilitas dalam mengaplikasi Kata.
Gichin sendiri tampaknya tidak melarang adanya perubahan dalam beberapa teknik Kata tersebut. Sebab ia sendiri merevisi sejumlah teknik Kata dan nama-nama Kata yang ia pelajari di Okinawa untuk menjadi Kata versi Shotokan.

Semasa Gichin hidup, Gigo kemudian memperbarui gerakan Kata versi Shotokan tersebut untuk mempertegas dan memperjelas identitas Kata perguruan berlambang harimau tersebut.

Lantas bagaimana hingga berbeda dengan JKA dan SKIF? Mungkin saja Masatoshi Nakayama ingin mempermudah para karateka berlatih, sehingga beberapa bagian gerak diubah lagi dari gerak asal. Demikian pula Hirokazu Kanazawa yang merupakan murid Nakayama dan Gichin, setelah mendirikan SKIF mengubah Kata yang selama ini ia pelajari untuk menjadi Kata versi organisasinya

Sekarang mana yang benar dan harus diikuti?
Yang benar adalah, organisasi Shotokan apa yang menjadi afiliasi perguruan Anda. Jika perguruan Anda berafiliasi pada JKA, terapkan Kata sesuai standar JKA. Jika perguruan Anda menganut teknik SKIF. Praktikkan Kata standar SKIF.

Jadi, yang tidak benar adalah jika Anda menerapkan Kata berbeda dengan afiliasi perguruan Anda. Kecuali pada pertandingan Kata yang digelar organisasi lintas perguruan macam FORKI, silakan memperagakan Kata dari organisasi atau perguruan lain.

Lebih jelasnya mengenai berbagai versi kata Shotokan tersebut, Anda bisa lihat videonya di sini atau di sini dan juga di sini

4 komentar:

Admin Fokushotokan mengatakan...

Informasi yang berguna sekali. Pemain besar Shotokan sekarang memang berasal dari JKA (mewakili Japan oriented) dan SKIF (US & Europe oriented).

beladirikita mengatakan...

Terima kasih Sensei.

fikers mengatakan...

ngomong2 latihan nya d mna ych?
hehe...

bella putri mengatakan...

Agen Bola
Agen SBOBET
Agen Judi
Bonus
Prediksi Bola Jitu
Pendaftaran