Jumat, Mei 01, 2009

Muk Yan Jong ( II )

Sebagaimana artikel sebelumnya, ada 8 bagian latihan Muk Yan Jong. Berikut deskripsi latihan tersebut.

Bagian Pertama
Terdiri 10 gerakan dimulai jurus awal (posisi siap) kemudian menarik leher, tan sau kiri dan kanan dan jaun sau. Bagian ini menekankan kelincahan dan kekuatan kuda-kuda.

Bagian Kedua
Terdiri 10 gerakan, dimulai posisi awal kanan.

Bagian Ketiga
Terdiri 10 gerakan, dimulai menangkis di luar dan di dalam. Bagian ini juga mengajarkan cara melatih telapak tangan untuk menangkis dan menyerang.

Bagian Keempat
Terdiri 9 gerakan, mulai dari gerakan telapak tangan samping. Keutamaan latihan ini membiasakan tangan dan lengan mampu melakukan serangan balasan sambil menyelusup yang dibarengi tendangan samping yang cepat. Tujuan latihan ini untuk menguasai latihan keterapilan agar bisa melancarkan rangkaian gerakan ke depan segera setelah tangan menemukan celah atau peluang yang terbuka. Walau lawan terus menekan dan melancarkan pukulan, kita tetap bisa melakukan balasan dengan pukulan atau tendangan.

Bagian Kelima
Terdiri 21 gerakan, mulai tan sau ganda. Bagian ini melatih teknik menyelinap masuk menyerang ke daerah pertahanan lawan, sambil menyerang titik lemah lawan. Teknik ini mematikan, jika dilakukan dengan penyaluran tenaga yang tepat.

Bagian Keenam
Terdiri 15 gerakan yang dimulai fok sau. Bertujuan melancarkan aplikasi teknik tangan ganda atau po pai cheung.

Bagian Ketujuh
Terdiri 15 gerakan, dimulai gun sau kiri dan kanan. Penekanan latihan ditujukan pada perubahan bong sau menjadi cengkraman tangan yang dapat dipadukan dengan serangan tangan. Pada akhir latihan akan banyak ditekankan pada persiapan aplikasi tendangan jejak menyilang yang merupakan salah satu pamungkas teknik wing chun.

Bagian Kedelapan
Terdiri 26 gerakan, dimulai bong sau bawah kiri dan kanan dan diakhiri gerakan mundur atau menarik diri. Sebagian besar teknik tendangan ada di bagian ini.

Contoh Teknik Bagian Pertama






































ingin belajar Muk Yan Jong lebih lanjut...?
ikuti tutorial lengkapnya langsung dari Yip Man!
temui Yip Man di sini


2 komentar:

damonharrison mengatakan...

hey, i really like your blog, just hoping you could follow me as well? no pressure or anything haha, just trying to build a following. have a great day!

rizkywithcoresound mengatakan...

hehehe

saya juga punya buku itu