Rabu, Desember 03, 2008

Mereka Musisi Beladiri

Tiga tokoh terkenal ini memiliki kesamaan dalam profesi dan hobi. Mereka sama-sama berprofesi sebagai seniman (aktor film dan musisi) dan sama-sama pehobi beladiri.

Tak lain adalah Elvis Presley, Steven Seagal dan Iwan Fals.

Elvis Presley. Musisi sekaligus aktor film ini menjadi idola dunia di era 60-an. Selain menggilai musik dan menekuni seni peran, Elvis juga memiliki minat besar pada seni beladiri.

Di sela kesibukan show dan syuting, Elvis pun menyempatkan waktu belajar memukul dan menendang di Dojo Karate aliran Shotokan. Tahun 1958 saat mengikuti wajib militer dan ditugaskan di Jerman ia belajar dengan Juergen Seydel, kemudian ketika berlibur di Paris, Perancis ia berlatih dengan Tetsugio Murakami, perintis Karate Shotokan di Eropa.

Selain Karate, Elvis juga berguru pada Khang Ree, tokoh Taekwondo di Amerika Serikat. Atas dedikasinya pada seni beladiri, Khang Ree menganugerahinya sabuk hitam kehormatan Taekwondo Dan VII.

Masih belum puas, Elvis melanjutkan hobi beladirinya dengan berlatih beladiri ‘kemasan’ baru, American Kenpo Karate yang diracik sang pendiri, Ed (Edmund) Parker. Tak hanya melatih, salah seorang tokoh beladiri legendaris di Amerika Serikat ini juga kadang menjadi pengawal pribadi sang superstar.

Kemampuan Elvis memukul dan menendang dengan teknik beladiri bisa dilihat pada adegan-adegan perkelahian di film-filmnya. Memang tak sebagus aktor beladiri, namun cukup membantu Elvis dalam mempercantik aktingnya saat adegan berkelahi.

Di tanah air, ada Iwan Fals. Seperti halnya Elvis, Iwan juga musisi yang banyak penggemar. Pelantun tembang hits di tahun 80-an, Oemar Bakrie ini termasuk salah seorang legenda hidup di kancah musik Indonesia.

Selain pintar bermain gitar dan mencipta lagu, Iwan juga pandai memainkan jurus beladiri. Sejak muda Iwan berlatih Karate di perguruan Wadokai. Setelah berkeluarga dan mempunyai anak, putra sulung (almarhum) Galang Rambu Anarki juga diikutkan latihan Karate.

Setelah menyandang sabuk hitam, Iwan yang sempat kuliah di publisistik juga melatih Karate di kampusnya. Di lingkungan tempat tinggal, Iwan juga memiliki dojo.

Hingga sekarang, Iwan yang menyandang Dan IV Karate Wadokai di sela kesibukannya bermusik tetap menyempatkan waktu melatih di dojonya dan sesekali ia berlatih di dojo pendiri Wadokai Indonesia, Shihan Taman.

Kembali ke Amerika Serikat, ada Steven Seagal. Siapa yang tak kenal jago

Aikido Dan VII ini? Film-film awal Steven di era 90-an turut berperan dalam mempromosikan lebih luas Aikido ke berbagai penjuru dunia. Meski ada pro kontra, karena ia lebih banyak menampilkan Aikido keras daripada sisi halusnya di setiap film.

Beberapa tahun terakhir, selain tetap syuting film, Steven Seagal menambah profesi baru sebagai musisi. Hobinya bermain gitar disalurkan lewat beberapa show musik bahkan merilis album. Situs resminya pun sekarang dominan menampilkan Steven Seagal dengan gitarnya. harry

5 komentar:

rizkywithcoresound mengatakan...

Silahkan berkunjung kembali
ada postingan tambahan buat posting jujutsu yang anda buat
http://ikkyjournal.blogspot.com/2008/12/jujutsu-or-jiujitsu.html

silahkan komentarnya

beladirikita mengatakan...

terima kasih, info tambahan sudah saya gabung dengan postingan jujutsu

rizkywithcoresound mengatakan...

Saya berlatih takagi yoshinryu tapi di Perguruan Ninjutsu Genbukan..

Dulu juga sudah pernah latihan AIkido

miss_dzaa mengatakan...

assalaamua'alaikum wr wb
sebelumnya salam kenal....
sepertinya mas ini sangat cinta karate ya....
saya hanya ingin berterima kasih atas komentarnya di posting saya tentang urine...
karena mas mempertanyakan tentang kehalalannya...akhirnya saja jadi terstimulasi untuk mencari jawabannya via google juga....dan alhamdulillah ketemu..
terima kasih..
itu saja
wassalamua'alaikum

beladirikita mengatakan...

to : miss dzaa
saya tidak hanya cinta Karate tetapi cinta semua seni beladiri. Baik tekniknya, seninya, filosofinya & segala manfaat positifnya.